Tentang Poligami

Bismillah…

Assalamualaikum…

Baru sempat update lagi. Alhamdulillah saat ini dalam keadaan sehat wal afiat.

Baru aja ngelulurin suami hehehe…. iseng iseng penghematan biar gak usah ke salon., kasian biar gak sakit semua badannya.

Hari ini suami libur ngantor karena permintaan saya, entah kenapa, hamil anak pertama manja banget dan gampang parno…

Alhamdulillah juga masih bisa sempat googling, sempat berselancar di dunia maya hehehe….

Pengennya bikin blog lagi buat anaknya ntar, tapi masih pikir2 dulu.. ini 1 aja jarang keurus, hiks.

Akhir akhir ini lagi hits berita tentang “POLIGAMI” akibat diunggahnya sebuah video oleh mbak ana di fb.. dalam video tersebut mbak ana megungkapkan seluruh perasaannya dengan cara menuliskan disebuah keras dan dibagikan kepada viewers… berikut kumpulan ulisan dalam kertas mbak anak

Saya muslimah biasa.
Kenapa harus berpoligami jika satu istri saja cukup?

Maaf, saya bukannya menentang hukum Allah yang memperbolehkan laki-laki beristri lebih dari satu. Saya hanya mengutarakan perasaan saya dan mungkin mayoritas perempuan yang tidak siap berbagi, tapi “terpaksa” untuk berbagi.

Saya muslimah biasa, seorang istri. Ibu dari dua orang anak dan sementara mengandung anak ketiga. Umur saya 26 tahun. Dan dari awal saya menikah, saya tidak pernah sedikitpun terbersit akan mengalami yang seperti ini.

Saya baru menginjak usia 25 tahun saat suami saya memutuskan untuk berpoligami. Perasaan saya? Sakit. Hancur. Perih. Kecewa. Marah. Merasa dikhianati, merasa dibohongi, merasa tidak berguna, terpuruk, seperti mau kiamat. Saya ingin mati saja saat itu.

Suami saya HARUS berpoligami. Dan saya pun HARUS menerima itu. Demi suami saya, demi anak-anak saya. Demi rumah tangga saya.

Saya tidak siap berbagi.

Tidak bisa.

Saya sudah berusaha bertahan. Dan saya menyerah. Saya menyerah pada poligami. 1 tahun, 4 bulan, 9 hari. Kekuatan saya hanya sampai di sini. Tepat di tahun ke 5 pernikahan saya.

Poligami itu… menyakitkan. Tidak. Saya tidak bisa lagi.

Saya memohon petunjuk Allah. Hati saya tergerak membuka QS An Nisa ayat 129 dan 130.

Bismillah. Semoga ada hikmah di balik semua ini. Allah mengganti air mata saya dengan kebahagiaan.

Akan ada yang menangis dengan keputusan saya. Akan ada yang tertawa. Akan ada yang mencemooh. Akan ada yang menjatuhkan, tapi saya yakin, banyak doa dan dukungan untuk saya. Ada Allah untuk saya. Sekarang saya tidak butuh dan tidak peduli komentar orang. Saya hanya akan mengikuti kata hati saya, sambil terus memohon petunjuk dari Allah SWT.

Pesan saya untuk para calon suami dan para suami yang mungkin terbersit keinginan untuk berpoligami, mohon pikirkanlah baik-baik dan bijak sebelum mengambil keputusan dan bertindak. Akan banyak yang tersakiti jika Anda mementingkan ego Anda.

Pikirkanlah perasaan istri Anda. Apakah dia betul-betul ikhlas? Pandangi wajah istri Anda, dia ikhlas menerima Anda apa adanya.

Saya mohon maaf jika ada yang tersinggung dengan video ini. Mohon untuk tidak berkomentar yang negatif.

Wassalam.
20/10/2015, @notarich_ana

Ya di curhatan terkahir beliau, beliau menjelaskan bahwa mbak ana sudah menyerah, usut punya usut mbak ana menyerah bukan karena di poligami dengan istri ke dua (mbak putri), tapi karena suami ingin memiliki istri ketiga. Perlu diketahui bahwa mbak ana dan mbak putri adalah sosok yang tegar dan kuat. Mereka tidak menampakkan keegoisan masing masing. Mereka berdua mau dan rela berbagi…. mereka juga menerima 1 sama ain dan hidu rukun.. subhanallah… namun sayangnya keadaan ini kurang di syukuri oleh si suami yang masiiiiih saja “kurang”…

Saya tidak menyalahkan siapapun dalam hal ini, namun saya hanya menyayangkan sikap suaminya. Hmm.. sudah untung mau di duakan dan menerima, gitu ya gak mau di syukuri..

Iseng iseng deh saya tanya sama suami.. “mas.. mau poligami?” dan beliau jawab “enggak!!!! Satu aja gak habis habis kok mau nambah”… saya mah orangnnya gak gampang puas ya… iseng iseng googling syarat poligami… nah syaratnya ada 4 nih… pertama mampu memberikan nafkah lahir, kedua mampu menjaga para istri, kemudian diijinkan oleh istri perama dan yang terakhir adalah mampu berbuat adil. Saya bacakan itu di depan suami… saya bilang “syaratnya simple yah…. gak seperti syarat bikin surat pindah…” dan beliau menjawab : “adil itu susah sayang,… kalo adil hanya menurut kita, blm tentu menurut orang lain itu adil.. dan adil disini bukan hanya istri pertama dan kedua yang menilai.. tapi Allah juga. Mas harus bertanggung jawab dihadapan Allah kelak..”

Njlllleeeeeeeeb…… ternyata poligami gak semudah yang dibayangan… seikhlas ikhlasnya istri menerima, pasti ada hati yang tersakiti.. ya kan?? Dan saya adalah saah satu anak dari orang tua yang maunya poligami (tapi mama gak mau akhirnya cerai) dan begitu juga… saat ayah dengan mama baru,, tetap saja ingin poligami… sakitnyaaaaaa….

Saya bersyukur punya suami yang gak punya cita2 untuk pologami.. karena sakit memang… saya gak tau gimana rasanya jadi mama saya.. selain istri, anak pun juga jadi korban. Dan saya merasakan itu. Ah.. ingin sekali cerita panjang sebagai anak korban poligami… hahahaaa.. tapi apalah daya…

Yang penting saya mah bahagia sekarang… memilukan sekali memang. Tapi saya berusaha mengambil hikmah dan pelajaran dari apa yang saya alami. Saya punya prinsip : jangan sampai putra putri saya merasakan apa yang saya rasakan. Saya dan suami harus belajar menjadi orang tua bijak.

Dalam hal ini bukannya saya menolak atau anti poligami… tapi hanya saja saya merasa tidak sanggup apabila harus dipoligami.

Mudah mudahan saja saya dan keluarga selalu diberikan keteguhan iman dan islam..

nananana

Assalamualaikum..

iseng iseng buka blog ternyata baru sadar sudah 2tahun aku gak sempet posting sesuatu hihihi…

sebenernya banyak banget yang mau aku ceritain  🙂

tapi karena aku di warnet nih jadi mungkin waktunya sangat terbatas hehehe … gek enak lama2, ditungguin suami juga.

suami? iya suami.. alhamdulillah sejak 11 Mei 2015 kemaren kami resmi menjadi suami istri wkkwkw

yang pasti dengan si abang yang selalu aku ceritain disini..:) mohon doanya yaaaa.. semoga menjadi keluarga yang selalu kami idamkan. amiiiin…

dan saat ini alhamdulillah Allah memberikan kepercayaan kepada kami untuk merawat dan mendidik seorang (putra/putri)… yapz.. aku lagi mengandung dengan usia 20w1d. mudah2an besok2 sempet yah posting di blog ini lagi.. 🙂

buat para blogger dan reader.. mohon doanya ya.. semoga aku dan debay sehat selalu sampai proses kelahiran nanti…

saat ini blm bisa posting foto.. janji deh kapan2 aku posting foto kami.. 🙂 ini salah satunyaaa….

10557352_772868202774788_3611883193432124341_n

wassalamualaikum….

(*ˆ▽ˆ*) Nungguin Orang Lagi Penelitian (*ˆ▽ˆ*)

Assalamualaikuuuuumm.. Selamat Pagi sobat WP… 🙂

Lama rasanya nggak posting disini, kira- kira sebulan lebih aku vakum dari dunia blogger,hhe

banyak hal yang berubah saat ini, diantaranya tempat tinggal ku di Jember. Aku sekarang sudah pindah kost!! yeii yeeiiii….

jarak kost baru ke kampus lebih jauh dari pada kost lama ku, alhasil, tiap hari harus antar jemput sama mas Balya 🙂

Bosen sih awalnya, karena harus beradaptasi ulang dengan teman- teman dan lingkungan kost baru yang 100% beda banget sama kondisi kost lama, mulai dari kamar, sampe ibu kostnya. aku ngerasa nyaman disana… ndak pengen pundah, tapi karena terlalu jauh, mungkin cukup 2 atau 3 bulan saja aku disana. kasiahan sama yang antar jemput setiap hari.

bukan itu yang pengen aku ceritain sebenernya wkwkwwkwk

tapi saat ini lagi bingung, nggak tau mau ngapain, yang jelas sekarang lagi pengen bubuk cantik.

tapi lagi ngelab iiii 😦

nemenini mas Balya buat penelitian, nggak tau sih ini namanya nemenin apa ngganngu… ikikikikik 😀

yang jelas aku lagi sama dia sekarang.. nih dia…

ini mz Balya lagi neliti kopi :) semangat yaaaaahhh....

ini mz Balya lagi neliti kopi 🙂 semangat yaaaaahhh….

 

kopi yang diteliti jenisnya kopi arabica,, tapi nggak tau variabelnya apa aja 🙂

pokoknya semangat aja deh buat mas balyaa 🙂

semoga cepet selesai, cepet lulus, cepet dapet kerja, aku juga cepet nyusul…. terrrruuuuuuussss ting tooooongggg… amiiiiin Ya Allah 😀

¸.•*¸ .•*¸Mengisi Waktu Luang *• .¸*•

Sudah sebulan rasanya nggak ngeblog..

kangen nih….
hhe.. ingin banyak cerita, berbagi kebahagiaan dengan semunya, dengan sahabat2 blogger tentunya 🙂

yakk.. aku ucapin terimakasih ke adek tingkatku  .. kapan hari dah nemuin blog ini.. Walaupun aku malu sebenernya tentang semua curhat2ku 😛

sekarang aku tuh bahagia banget.. si udah nggak seperti dulu lagi 🙂
sekarang tuh dia jadi perhatiaaaan banget.. nggak tau kenapa… mungkin memang karena kesibukannya yang sudah berkurang, maklum.. udah semester akhir,, dan aku yakin, inilah dia yang sesungguhnya, dia yang nggak kaku, dia yang setia, dia yang perhatian, dia yang tetap berwiawa..
lucu juga
karena kemaren dia sempt mengatatakan hal yang nggak seharusnya dia katakan saat aku menemaninya latihan fulsal dan latihan basket
dia mengatakan ini

Tuh.. kan.. mas ndak bisa maen futsal… mas juga ndak bisa maen basket..

Tuh.. kan.. mas ndak bisa maen futsal… mas juga ndak bisa maen basket..

dan itu salah besar sayang!!!
apapun itu, dan bagaimanapun.. kamu itu bisa.. hanya kemauan yang bisa mengalahkan semuanya…
apapun dan bagaimanapun itu… kamu tetap yang terbaik dimataku.
kamu, adalah pemimpin terbaik, atlet terbaik, pacar terbaik, dokter terbaik, penghibur terbaik, semoga kelak menjadi suami terbaik 🙂
amiiinnn

semangatt!! ayooo.. adek ngingetkan skiprsinya. kapan mau digarap lagi, cinta??
deadline lulus september lho!! biar aku bacain namamu dengan gelar S.TP dibelakangnya…

udah ya! tetap semangat!!
love u

Kata-kata mu (っ˘з(˘⌣˘ )

23 Maret 2013

saat ini aku selalu teringat akan kata-kata nya
tadi malam, tepatnya sekitar pukul 20:00 di depan kost

Entah mengapa, aku merasa tenang saat aku disini

Yah… saat itu kau sedang tidur di pagkuanku,,, oh, bukan….

kau meletakkan kepalamu di pangkuanku… se sweet..

tenang saja sayang, aku juga sangat nyaman dan tenang saat berada disismu 🙂

I ♡”̮ u

҉(ˆ▿ˆ҉) ҉(´▿`)҉ (҉ˆ▿ˆ)҉ Pengen kesana lagi……(˘̩̩̩⌣˘̩̩̩)

ehhem.. pengen posting nih….

mumpung di kampus ada wifi gratis..hhe

aku lagi pengen nulis, tapi nulis apa ya??

oh iya.. aku mau cerita tentang perjalananku kemaren,

hhe, setelah ada seminar himagihasta, minggu selanjutnya aku kembali beraksi menjadi asisten.. 😛

yak sebelum beraksi

aku sempet jalan2 lho.. ke kebun glaantangan,

buagussss banget…. *makasih ya buat yang ngajak *

photo1368

ini pas waktu lagi di sebelahnya lapangan golf.. suka banget sama warna ijonya, kombinasi biru dari langit 🙂

photo1366

ini pas lagi mau buka bontotan, laper euy.. hahaha

photo1393

ini di agrowisata glantangan,.. sebenernya pengen ambil bunga teratai 😛

photo1401

asyyik tuh duduk2 di pondok kecil.. suasanya tentrem.. ^^

photo1417

kita berduaaa.. bahagia ^^

photo1441

naahh ini disebelahnya bandara

photo1408

orang paling ganteng 😛

※Ragaku, Masih Bernyawa (っ╯_╰˘)

Sekarang tuh malem Minggu!!

Iya!! Malem minggu

Tapi aku tetep aja menggalau ria di kamar kost ku, sendirian pula…

Seperti biasa.. mungkin aneh banget ya.. aku beda sama yang lainnya, cewe lainnya yang punya pacar, pasti lagi asyik malem mingguan.. selama 1,5 th pacaran, rasanya bisa dihitung dengan jari deh aku malem mingguannya. Hahaha

Iya,, malem minggu merupakan hal yang biasaaaaaa banget buat aku., bahkan bisa dibilang malam yang paling buruk!!!!

Nelangsa deh!!!

Jujur aja.. aku sebenernya pengen protesss

Pengen protes sama pacarku

Tapiii nggak deh,.. nggak mau.. ini kan konsekwensiku

Aku mau cerita pengalaman hari ini aja

Semalem aku di smsi kakak angkatanku, yang kebetulan satu angkatan dengan pacarku, ngajakin aku buat observasi ke desa, kebetulan dia nggak bisa bahasa madura, berhubung aku bisa dan aku juga anggota dari organisasi yang mau ngadain program pengabdian masyarakat ini, akhirnya aku mau deh jadi translatornya.

Jam 04.30 aku bangun, langsung mandi dan bersih2, karena janjiannya ja, 6 pagi, namanya orang semangat.. yaaa kepagian deh.. akhirnya abis mandi kedinginan dan melungker lai 😛

Tepat pukul 6 aku di sms dan langsung di jemput,

Sebenernya semalem aku udah ijin sama pacarku, agak kurang setuju sepertinya.. ya udah aku maksa aja dengan berbagai alasan,selain aku udah nyanggupi, lagian nggak enak juga kan kalo aku mbatalin,,, disangkanya ntar aku yang nggak konsekuen.

Yah medannya cukup membuat hati jadi berantakan, rasanya punggung juga sudan terpisahkan.. jauuuh banget,, jalannya juuga susah,, sempet lewat jembatan kayu juga..,, tapi indah sekali,… sayangnya aku nggak mengabadikan kejadian tadi, kaena aku sibuk dengan kamera mbak ulya yang aku pegang. Jadi nggak punya datanya deh,..

Nahh beberapa kilo kemudian aku sampe di SD sucopangepok 4. Hmm… awalnya aku heran, nih SD kok Cuma punya 4 ruangan..

Ternyata…..

Ya tuhan, kondisinya.. sangat menyedihkannn…

  1. Ternyata mereka nggak punya perpustakaan, sekolah ini memiliki sedikit koleksi buku, tapi ya itu tadi, nggaka da tempat buat naruhnya
  2. Toiletpun juga nggak ada, adanya cuman toilet guru, itupun ada cacing di dalamnya.. hiiiii
  3. Ruangannya hanya ada 3, 1 untuk ruang guru, dan yang 3 ruang kelas. Jadi kelas 1 dan 2 gabung, 2 dan 4 serta kelas 5 dan 6.. miris banget kan?
  4. Adek2 disana pake seragam, tapi nggak seragam.. nah loh.. bingung kan? Yaah ada yang pake batik, pramuka, bahkan putih merah… hmm
  5. Mereka juga nggak pake sepatuu, mungkin Cuma 3-4 orang yang pakai sepatu L
  6. Kelas 1 itu umumnya masih kecil, paud kira2.. jadi ortu mereka terpaksa nyekolahin di SD karena disana nggak ada TK maupun Paud…
  7. Ada juga yang masih kelas 5 SD sudah tunangan, jadi setelah lulus langsung nikah deh
  8. Makanan disana Cuma ada chiki2 yang nggak tau bagaimana mutunya, serta lontong, diberi kuah, dan bihun, serta saus.. itu aja L hikz
  9. Dan masih banyak yang lainnya..Dan masih banyak yang lainnya..

Berhubung saat ini aku lagi bad mood dan males nulis,, yaudah nggak mau banyak2 ceritanya… yang penting udah postinga aja

Cape sihh tapi semua itu rasanya terbayar sudah,,,.. bahagia banget bisa ngeliat mereka tertawa…

Yah!! Cukup!!

Daaaan

Mengapa aku antusias banget??? Alasannya

  1. Aku ingin tau bagaima potret kehidupan masyarakat desa
  2. Aku jenuh, ingin menikmati keindahan alam… Maaf.. sudah beberapa kali ku utarakan kepadamu, tapi, tetep aja nggak ada respon.. jadi jangan salahakan aku kalo aku nggak nurut
  3. Aku cari kegiatan, yah!! Kegiatan yang nggak seperti biasanya. Kamu juga punya kegiatan, aku juga punya kegiatan, aku cemburu

Cemburu dengan waktumu, ini, itu bisa, tapi, untuk sejenak menghilangkan stresku, belum bisa. Mangkanya aku berusaha sendiri, aku sadar, dan aku paham bagaimana keadaanmu.

Aku punya ego, kamu juag punya ego, yaudah!!!

Udah dulu, cape nih,. Laper pula

Dan kecewaku karena..

Walaupun aku bukan prioritasmu, tapi aku disini, ragaku ada dan masih bernyawa

Mohon hargai jiwa ini!!

Aku bukan patung,

Sesibuk apapun aku, nggak pernah lupa kasi kabar maupun hubungi kamu!!

Kalopun kamu nggak mau seperti itu, ok.. nggak masalah. Tapi jangan pernah buat aku khawatir, aku berusaha selalu ada buatmu, memendam egoku, karena aku nggak mau buat aku kecewa, karena sadar, masa depanku, harapannya kamu!!

Orang yang yang bersamaku kelak, maunya ya kamu…

Udah.. cape ^^

MANGKEL!!!!!!! (“╰ _ ╯ )

AWAS KAMU!!!!!!!

AWAS KAMU!!!!!!!

Gimana nggak mau dongkol??

Kalo niat baik2… tulus banget!!

Eh malah dibilang “jangan gitu laaahhh” sapa yang ndak bakalan sakit???

Mau nya apa??

Aku salah ta??

Meluruskan orang yang salaHH?? Mengingatkan orang yang keliru???

Apa iya?? SEBUAH KESALAHAN DIBIARKAN AGAR TETAP SALAH, dan NANTINYA MENJADI HAL YANG LUMRAH?????

Mau dibawa kemana bangsa kita, kalo generasi mudanya berpikiran seperti itu??

Menjelekkan rumah sendiri?? Tapi rumah itu tetep ditinggali…

NGGAK MALU TAH??

Mangkanya aku mau meluruskan!!!

Bukan untuk ikut campur atau ingin sok jadi pahlawan!!

INGET ITU!!!

("╰ _ ╯ )

(“╰ _ ╯ )

::‧(◦ˆ ⌣ ˆ◦):: Bukan Harapan Palsu ::(◦ˆ ⌣ ˆ◦)::

Hari ini, Sabtu 9 Februari 2013 aku lagi dirumah, habis mandi dan maen perang2an sama adikku.. hahahahaaa… seperti anak kecil aku!!

Ya nggak papa lah, sekali2 guyon2 sama adik… buat dia seneng, jga nggak masalah kan…

Aku kemaren Kamis, pulang dari jember, pagi-pagi banget aku berangkat ke Bondowoso, diantar sama sang pangeran. Wkwkwk *lebbay*

Seperti biasa, walaupun lebih dari 2 jam perjalanan yang normalnya Cuma 45-60 menit, tapi rasanya ya bentar bangeeeet… sempat mampir di pasar wonosari, sama sampean baru. Hhe

Yah.. makasih buat yang mau nganterin aku, setia walaupun harus bangun pagi-pagi, dingin-dingin, mana lagi malemnya meriang… :*

Tapi makasih banget deh pokoknya…. maaf juga adek selalu ngerepotin L

Selama dirumah banyak baget yang aku lakuin, biasa lah seoerang cewek…

Dan yang paling penting dihari Jumat kemarin, aku sempet keliling Bondowoso yang niatnya cari sponsorship, tapi kebetulan pada banyak yang tutup.

Dan sorenya aku ke Sampean Baru lagi, Cuma mau foto2 sama sodara2 ku, nih hasilnya….

mbak cici

mbak cici

Diska

Diska

Dek Etha

Dek Etha

photo1218

Pada narsis :P

Pada narsis 😛

adek sama mas..

adek sama mas..

Dek DebbyDek Debby

Mbak Pitta

Mbak Pitta

ya ada dua hal sih, aku juga mau minta maaf sama seseorang… hha maaf aku tinggal waktu kamu kerumah. Kamu juga kerumah bukan bertamu untuk ketemu aku kan?? Kalopun mau ketemu aku., maaf deh, aku tinggal, aku nggak mau ada sesuatu terjadi, aku juga nggak mau kasih kamu harapan, yang jelas, kita udah nggak ada apa2 lagi. Kalo memang kamu mau menjalin silaturahmi dengan keluargaku, terserah…. tapi bukannya aku nggak mau baik2 sama kamu, aku hanya ingin tegas dan memberimu harapan, serta aku mau bantu kamu agar bisa ngelupain aku, hingga kamu bisa menjalin cerita cinta baru.

Maaf ya.. niatk baik kok…

Tetap semangat!! Semoga kamu cepat dipertemukan dengan jodohmu, dan itu bukan aku 🙂

Seandainya kamu nggak lebay dan nggak ngejar2 sampe segitunya, mungkin aku masih mau menemui kamu walaupun Cuma sekali.

Tapi ingat, hatiku sudah bukan milikmu lagi, ada seseorang yang menempati tempat yang paling istimewa dihati ini 🙂 dan aku sangat menghargai dia. Aku menghargai perasaannya. Maaf….